Tips Mudah Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan

Tips Mudah Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan - Menurut ahli tumbuh kembang anak, pada umumnya si kecil mulai bisa berdiri dan melangkahkan kaki untuk

.
Tips Mudah Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan
Tips Mudah Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan


Tips Mudah Agar Si Kecil Cepat Bisa Berjalan - Menurut ahli tumbuh kembang anak, pada umumnya si kecil mulai bisa berdiri dan melangkahkan kaki untuk pertama kali saat mereka berusia 9-12 bulan dan mulai lancar berjalan saat usia menginjak 14-15 bulan. Dan orang tua tak perlu khawatir jika diusia tersebut si kecil masih belum bisa berjalan, selama tidak ada kelainan fisik pada tubuh si buah hati. Sebagian anak normal lainya baru mulai berjalan sampai usia mereka 16-17 bulan.

Mengenal tahap perkembangan gerak si buah hati

Di 5 bulan pertama, kaki si kecil belum cukup kuat untuk menopang tubuh mereka, tapi jika ayah bunda memegang tubuhnya dengan posisi kaki dibawah dekat lantai, mereka akan berusaha mengerak-gerakan kaki mereka seperti mau berjalan. Gerak tersebut adalah gerak refleks yang biasanya mereka lakukan selama beberapa bulan pertama.

Setelah si kecil masuk usia 6 bulan kebiasa tersebut  akan hilang dan berganti dengan kebiasaan menekankan kakinya ke lantai seakan mau meloncat-loncat. Kebiasaan ini akan berlangsung selama beberapa bulan seiring dengan semakin kuatnya otot kaki mereka sembari si kecil berlatih berguling, duduk, dan merangkak.

Saat si kecil menginajak usia 9 bulan, umumnya mereka akan berusaha untuk belajar berdiri. Mereka akan menarik apapun yang ada didikatnya seperti kursi atau meja untuk menopang tubuhnya berdiri. Diusia 9 - 10 bulan, mereka akan belajar bagaimana cara menekuk lutut mereka dan bagaimana cara duduk dan berdiri.

Dan diusia 12 bulan mereka akan mulai bergerak dari satu tempat ke tempat lainya dengan memanfaatkan pegangan yang ada didekatnya. Beberapa anak diusia ini sudah bisa berdiri sendiri dan berjalan meski tertatih-tatih tanpa harus berpegang pada benda disekitarnya, jongkok dan membungkuk untuk meraih mainan di bawah dari posisi berdiri.

Berikut tips mudah agar si kecil cepat berjalan:

  1. Latih untuk berdiri tegak. Saat usia mereka 9-10 bulan, bantu si kecil untuk terbiasa berdiri tegak tanpa dipegang selama setengah menit. Jika si buah hati duduk terjatuh, motivasi dia untuk bangkit berdiri sendiri.
  2. Pegang tangannya. Latih mereka untuk melangkahkan kakinya sambil tanganya dipegangi. Jika sudah memungkinkan, biarkan tangan si kecil memegang satu orang tua sebagai pegangan untuk berjalan.
  3. Berdiri dalam box. Tempatkan si kecil dalam box tidurnya, bimbing mereka untuk berdiri dengan berpegangan pada dinding box dan pandu dia untuk berjalan menyusurinya. Selalu temani mereka saat belajar berjalan dalam boxnya untuk memastikan keamanannya.
  4. Stimulasi dengan mainan. Letakan mainan kesukaanya dalam posisi tertentu, motivasi dia untuk mengambilnya dengan cara berjalan.
  5. Mendorong. Saat si kecil belajar berjalan biasanya mereka menyukai aktifitas mendorong, jika memungkinkan berikan mereka mainan yang bisa didorong.