Manfaat Pisang untuk Tumbuh Kembang Bayi


Pisang merupakan buah yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi serta kaya manfaat, dan juga dapat ditemukan dengan mudah karena harganya yang terjangkau. Pisang juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan sumber vitamin, mineral dan juga serat yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pisang juga dapat dikonsumsi oleh siapapun dari orang dewasa lansia dan anak-anak hingga bayi aman mengkonsumsi pisang


Manfaat Buah Pisang :

1. Sangat Cocok sebagai Makanan Pertama Bayi

Saat bayi memasuki usia 6 bulan, ini merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan bayi pada makanan pertamanya sebagai makanan pendamping ASI. Sebaiknya jangan asal saat mengenalkan bayi pada makanan pertamanya. Selain karena pencernaan bayi masih sangat rentan, mengenalkan makanan pertama yang salah pada bayi dapat membuat bayi menjadi susah makan nantinya.

2. Makanan yang Kaya Akan Energi

Bayi-bayi yang aktif dan mulai belajar jalan tentunya akan lebih cepat lelah dan juga membutuhkan lebih banyak energi. Dalam pisang matang terdapat kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang merupakan gula alami, mampu mencukupi kebutuhan energi untuk bayi.

3. Baik untuk Pencernaan

Serat diketahui memiliki fungsi yang sangat baik dalam membantu memperlancar pencernaan agar tetap sehat. Pisang pun memiliki kandungan serat yang cukup banyak, dan serat yang terdapat di dalam buah pisang adalah pektin yang merupakan serat yang larut dalam air. Pektin berfungsi untuk membantu pencernaan mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang mudah dicerna oleh pencernaan bayi. 

Pemberian pisang secara teratur kepada buah hati dapat membantu mencegah masalah pencernaan pada bayi dan membuat bayi terhindar dari masalah buang air besar. Memberikan bayi buah pisang matang yang dihaluskan akan membantu memadatkan feses bayi. Sehingga bayi tidak akan merasa kesulitan saat buang air besar.

4. Meningkatkan kesehatan Tulang dan juga Penglihatan

Bayi yang secara teratur diberikan MPASI dari buah pisang akan memiliki penglihatan yang lebih baik, hal tersebut karena pisang pun juga memiiki kandungan Vitamin A yang sangat baik bagi mata, seperti melindungi retina dari segala jenis penyakit.
Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium, kalium memiliki peranan sebagai menetralkan natrium didalam tubuh yang berfungsi dalam pembentukan tulang sehingga dapat membantu bayi agar lebih cepat bias berjalan. Selain itu kalsium yang hilang bersamaan saat buang air kecil akan digantikan dengan nutrisi yang terdapat di dalam pisang.

5. Bikin otak encer.

Penelitian yang dilakukan pada 200 murid Twickenham Prepatory School, Inggris, menunjukkan para siswa merasa optimal mengerjakan soal ulangan, jika makan pisang saat sarapan, jam istirahat, dan makan siang. Ternyata dalam pisang mengandung potassium yang berperan dalam menjaga fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan fungsi memori dan kegiatan belajar.

6. Mengatasi diare Pada Bayi

Diare merupakan salahsatu masalah yang seringkali diderita oleh bayi. Diare pada bayi sering karena disebabkan oleh virus. Dalam kasus ini prioritas utama harus mengkonsultasikan kondisi tersebut pada dokter. Pastikan bahwa bayi tetap terhidrasi, mengkonsumsi pisang sangat bagus saat bayi diare karena dapat membantu memadatkan feses dan bisa menghindarkan bayi dari kehilangan cairan selama diare berlangsung


Pisang yang kaya manfaat sangat bagus untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang bayi karena memiliki nutrisi yang lengkap. Namun terkadang ada bayi yang menolak pisang saat pertama kali orang tua mulai mengenalkannya pada makanan pertamanya. Yang terpenting adalah jangan memaksa bayi untuk makan sesuatu yang tidak dia inginkan karena hal tersebut akan membuat bayi menjadi enggan makan. Yang tentunya akan membuat manfaat pisang untuk bayi menjadi sia-sia.
LihatTutupKomentar

Artikel Terbaru