Tentang Baby’s Separation Anxiety

Baby’s Separation Anxiety - Bagaimana perasaan saya tentang kecemasan perpisahan anak saya? Sejujurnya, ini benar-benar salah satu perasaan paling men


tentang-babys-separation-anxiety
Tentang Baby’s Separation Anxiety

Baby’s Separation Anxiety

Baby’s Separation Anxiety - Bagaimana perasaan saya tentang kecemasan perpisahan anak saya? Sejujurnya, ini benar-benar salah satu perasaan paling menyenangkan yang sangat saya nikmati sebagai seorang ibu.

Saya ingat ketika anak saya berusia antara 8-9 bulan. Sama seperti setiap ibu, saya tidak bisa melupakan momen-momen itu.

Saat itu, dia sering meminta lebih banyak perhatian dariku daripada siapa pun di rumah. Tidak peduli di mana dia berada atau siapa yang menggendongnya, begitu dia melihatku, dia tiba-tiba menangis seolah dia memintaku untuk menggendongnya.

Saat aku mendekatinya, dia tiba-tiba membuka tangannya dan terlihat sangat bahagia. Teriakannya berhenti sesaat. Itu benar-benar perasaan tak terucapkan yang saya alami.

Tapi ada juga saat dia bertindak berbeda dari yang kuharapkan. Ketika saya pergi kerja, saya pikir dia akan menangis keras melihat saya meninggalkannya. Aku memeluknya erat-erat dan mencium wajahnya lagi dan lagi.

Saya mengatakan kepadanya, “Sayang, Mommy harus pergi bekerja sekarang. Makan dan minum yang banyak, oke? Dan selamat tidur siang. Aku akan kembali. Sangat mencintaimu. Bubye. "

Terkadang dia terus menatapku saat aku mengatakannya. Saya berharap dia mulai menangis. Tapi itu tidak terjadi. Saya bertanya-tanya mengapa. Saya kemudian mengetahui bahwa dia tertarik dengan roda mobil yang saya kendarai setiap hari.

Setiap kali mobil mulai berjalan, anak saya selalu memperhatikan roda. Melihat mereka berputar pasti sangat mengasyikkan baginya. Saya hanya tersenyum, meskipun hati saya sedikit hancur. Saya menenangkan diri dengan berpikir bahwa dia senang karena penasaran dengan hal-hal aneh.

Anak laki-laki saya adalah bayi yang sulit tidur. Sepanjang malam saat tidur, ia sering terbangun beberapa kali. Jika dia bangun dan tidak menemukan saya di dekatnya, dia akan menangis keras-keras, membuat seluruh rumah panik seolah-olah terjadi sesuatu yang sangat buruk.

Saat aku masuk ke kamar tidur, dia akan merangkak ke arahku, lalu aku memeluknya. Dia akan tenang setelahnya. Menyusui benar-benar berhasil membuatnya kembali tidur.

Alhamdulillah saya memutuskan untuk menyusui dia sehingga saya tidak terlibat dengan terburu-buru menyiapkan susu formula pada malam hari. Ya, saya memilih untuk menyusui dia di malam hari, padahal dia tetap mendapat susu formula di siang hari.

Mungkin kegiatan menyusui ini telah menciptakan ikatan di antara kami. Saya menikmatinya, dan masih sampai sekarang. Ini mungkin juga yang membuat anak saya tidak mau menjauh dari saya.

Jika bayi atau anak Anda memiliki karakteristik yang sama dengan putra saya, saya yakin Anda memiliki perasaan yang sama seperti saya. Jika Anda mengira tangisan bayi (karena menjauh dari Anda) mengganggu Anda, ingatlah bahwa tangisan bayi Anda tidak akan bertahan selamanya.

Kecemasan akan perpisahan adalah fase dalam perkembangan anak Anda selama tahun-tahun awal kehidupannya. Hampir semua anak mengalami pengalaman ini. Yang bisa saya sarankan untuk Anda adalah nikmati saja momen-momen intim ini sebelum pergi seiring dengan pertumbuhan anak Anda.

Dari apa yang saya dengar dari teman-teman saya tentang ini, Anda akan merindukan momennya. Bagi saya, bahkan sekarang, saya benar-benar tidak ingin fase tersebut memudar.

Tunggu tunggu. Ada satu hal lagi yang ingin saya bagikan dengan Anda, yang menurut Anda mungkin tidak akan membuat anak Anda nyaman. Saya ingat teman saya mengatakan kepada saya bahwa jika Anda pergi ke suatu tempat, jangan lupa memberi tahu anak Anda bahwa Anda akan kembali. 

Alih-alih menyelinap keluar rumah, melambaikan tangan dan mengatakan bahwa Anda akan kembali entah bagaimana akan menenangkannya.