Tips Perawatan Bayi

Tips Perawatan Bayi - Ibu dari seorang bayi adalah orang yang paling sibuk di dunia, ketika dia tidak terlalu sibuk dengan rutinitas hariannya berhada


Tips Perawatan Bayi
Tips Perawatan Bayi

Tips Perawatan Bayi - Ibu dari seorang bayi adalah orang yang paling sibuk di dunia, ketika dia tidak terlalu sibuk dengan rutinitas hariannya berhadapan dengan bayi.

Menyusui

Setiap hari dia harus repot tentang memberi makan, tidur, pakaian, pakaian, ganti dan mandi bayi. Yang terbaik adalah memberi susu Anda sendiri kepada anak. 

Tolong jangan lupa untuk memberinya ASI pertama karena akan mengandung kolostrum yang sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh anak. ASI akan selalu menciptakan daya tahan tubuh dan anak akan menjadi sehat kelak.

Saat Anda menyusui anak Anda, makanan yang menyebabkan masalah pada tubuh Anda dapat dikomunikasikan kepada bayi juga. Makanan yang menyebabkan gas atau pilek harus dihindari atau bayi akan mengalami keadaan tidak nyaman atau sesak.

Memberi Susu Botol / Susu Formula

Jika Anda memberi susu botol pada bayi Anda karena alasan tertentu, pastikan botolnya sudah disterilkan dan bersih. Gosok dengan cairan pencuci. 

Rebus selama 25 menit untuk membunuh organisme yang tidak diinginkan yang mungkin berkembang di dalamnya karena susu yang difermentasi. 

Metode sterilisasi uap dan sterilisasi dingin juga ada, yang harus dikonsultasikan dengan ahlinya dan harus memastikan bahwa metode tersebut sudah tersedia di pasaran.

Menidurkan Bayi

Bahan yang dibutuhkan untuk menidurkan bayi adalah kasur, sprei dan selimut yang baik dan kokoh. Jaga jarak satu kaki dari jarak lubang hidung bayi jika Anda berbaring bersama bayi Anda di ranjang yang sama. 

Tidak boleh ada pakaian atau pakaian yang tidak perlu di sekitar tubuh dan tempat tidur bayi yang dapat menyebabkan suhu naik dan panas. Bayi tidak akan membicarakannya, dan Anda harus cukup peka untuk melepaskan penutup tubuh sebanyak mungkin. 

Harus ada kelambu, atau setidaknya kelambu menutupi bayi untuk mengusir lalat dan nyamuk.

Pakaian

Pakaian musim panas harus dari bahan katun ringan. Saat bayi dibawa keluar, pastikan kepalanya tidak terkena sinar matahari langsung. Di musim dingin, mungkin ada sweter, celana panjang, dan wol lainnya.

Menganti Popok

Popok bayi harus diganti secara teratur. Intervalnya harus disesuaikan dengan rutinitas bayi dalam pot dan mengompol. Terlepas dari rutinitas, bayi mungkin perlu diganti karena panggilan alam kadang-kadang terlalu dini. 

Adalah hak bayi untuk merasa kering setiap saat. Jagalah agar tempat tidur tidak dibasahi dan pakaian serta sprei yang bau dilepas.

Mandi

Bayi membutuhkan pembersih mulut dengan kapas. Bak mandi yang cukup besar untuk menampungnya dan mudah dicuci harus tersedia. Bayi harus menikmati air yang dapat dinilai jika cipratan kaki yang sangat berbeda. 

Bayi harus digosok dengan baby oil dan krim bayi. Gunting kuku harus digunakan saat mandi. Setelah mandi, bayi harus benar-benar dikeringkan dan dioleskan bedak bayi.

Imunisasi

Bayi harus diimunisasi terhadap Cacar & Campak dengan BCG dalam waktu 3 bulan setelah usianya. DPT pertama (Difteri, Tetanus, Psertussis, Polio, HIB, Meningitis C) jatuh tempo dalam 2 bulan pertama diikuti oleh bulan ke-2 dan ke-3 dengan interval satu bulan. 

Vaksinasi MMR terhadap Campak, Gondongan dan Rubella harus dilakukan dalam waktu 1 tahun. Booster harus diminum setelah bayi berusia 4 tahun.

Pelatihan dan Pendidikan

Meskipun pelatihan dan pengajaran rutin tidak boleh dimulai sebelum usia tiga tahun, kebiasaan dan rasa disiplin anak ditanamkan melalui disiplin yang dipelihara oleh ibu. 

Ketika sang ibu tenang melawan rintangan seperti demam bayi, atau disentri bayi sambil memastikan pengobatannya, anak mendapat gagasan untuk tenang menghadapi masa-masa bencana.

Tips pengasuhan bayi yang paling penting

Orang tua harus menyediakan cukup waktu untuk dihabiskan dengan bayi.

Keywords : Perawatan bayi, baby care, mothers, parenting